Friday, February 13, 2015

User Interface NontonMovie

Antarmuka pengguna, atau bahasa kerennya user interface, adalah satu hal yang penting bagi suatu sistem agar mempermudah user untuk memahami kegunaan dan cara menggunakan sistem tersebut. Ke-tidak-menarik-an dari tampilan suatu web atau aplikasi juga akan mengurangi minat user untuk mengunjungi web ataupun menggunakan aplikasi tersebut.

Seperti contohnya salah satu web yang hampir setiap hari saya kunjungi, yaitu nontonmovie.com.
Web ini menurut saya merupakan salah satu web yang cukup berguna bagi orang-orang yang suka menonton film ataupun drama (biasanya dan terutama drama Korea) secara online. Dan lagi kelebihannya web ini menyediakan semua film dengan subtitle Indonesia, yang biasanya sulit dicari karena di web lain lebih banyak subtitle English.

Tetapi sayangnya, web ini terlalu banyak dikelilingi oleh iklan-iklan yang cukup mengganggu. Setiap meng-click sesuatu (padahal bukan iklannya yang di-click), selalu masuk ke halaman iklan, bukan ke halaman yang kita tuju. Jadi kita selalu repot harus close window iklannya, baru bisa mulai menonton film yang kita mau.


5 comments:

  1. Saya setuju dengan Nala, meskipun website tersebut memiliki kelebihan tertentu, namun bila dari tampilan membuat kita tidak nyaman pasti kita lebih memilih website lain yang lebih membuat kita nyaman.

    ReplyDelete
  2. memang website-website seperti ini yang melayani streaming gratis, menggunakan banyak sekali iklan sebagai sumber pendapatannya.
    dari penampilan screenshot diatas kok terlihat lebih banyak iklan dibandingkan window untuk streaming ya? haha

    ReplyDelete
  3. Saya setuju, dengan banyaknya iklan tersebut tentu sangat menggangu dan merepotkan pengguna.

    ReplyDelete
  4. saya setuju dengan pendapat Nala. terlalu banyak iklan akan membuat pengguna merasa tidak nyaman dan mengganggu

    ReplyDelete